Software Alat Hitung RAB Rumah

RAB Rumah - Cara Mudah Membuat Sendiri Anggaran Biaya Membangun Rumah

RAB Rumah - Setiap orang yang merencanakan akan membangun atau renovasi rumah tinggal sudah dapat dipastikan walaupun hanya dalam bentuk konsep atau draft denah..sudah direncanakan keinginan berapa luas bangunan, jumlah dan ukuran ruangan yang diinginkan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur dan lain-lain. Bagi yang memiliki dana cukup mungkin juga sudah meminta bantuan seorang arsitek untuk merencanakannya dengan membuat desain dan RAB-nya.


Tapi sebagian besar masyarakat kita terutama golongan ekonomi menengah ke bawah dalam merencanakan bangunan jarang menggunakan arsitek, kebanyakan langsung meminta bantuan tukang bangunan atau tukang borong yang mereka anggap bisa dan berpengalaman berdasarkan referensi teman kerja atau tetangga yang telah menggunakan tukang bangunan atau tukang borong yang bersangkutan. Tapi ada juga yang kreatif dengan   menggambar dan merencanakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Mengetahui RAB rumah atau anggaran membangun rumah sangat penting sebalum dimulainya pelaksanaan, selain untuk memprediksi penyediaan dana, juga diperlukan untuk merencanakan pelaksanaan pembangunan, baik dengan cara kerja harian atau kerja borongan. Dengan memiliki RAB rumah, maka kita akan mengetahui jumlah dan rincian biaya setiap pekerjaan, dan kita juga akan mengetahui keseluruhan bahan-bahan material bangunan yang perlu dibeli. Dengan mengetahui jumlah biaya upah kerja, maka kita memiliki patokan harga jika akan dikerjakan dengan cara borong tenaga, atau dengan cara kerja harian. Sedangkan dengan total biaya (bahan+upah) sebagai dasar harga patokan jika pelaksanaan akan dilakukan dengan sistem kerja borongan bahan+upah.

Bagi Anda yang ingin bisa membuat sendiri RAB rumah sehingga tidak perlu meminta bantuan seorang arsitek, atau tidak perlu bertanya kepada teman kerja, tetangga, atau tukang bangunan, maka Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan alat bantu Software RAB Rumah. Software RAB rumah adalah aplikasi sederhana menggunakan program excel yang diotomatiskan, sehingga Anda yang awampun akan dapat menggunakannya asalkan bisa mengoperasikan excel.

Untuk membuat RAB rumah tidak semua orang bisa mengerjakannya, sebab harus memiliki dasar pengetahuan bangunan, memahami Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI), tapi dengan bantuan Software RAB siapapun dapat dengan mudah mengerjakannya, dan hal ini sangat menguntungkan sebab Anda yang awam dapat membuat RAB rumah dengan mudah. Manfaat dari bisa membuat sendiri RAB rumah adalah.. Anda akan dapat menghemat biaya membangun rumah, dan Anda tidak akan dikelabui oleh pelaksana bangunan yang kurang bertanggung jawab.

Cara membuat RAB rumah menggunakan Software RAB cukup mudah, anda hanya perlu melakukan edit data harga material dan upah kerha bawaan Software RAB dan menggantinya dengan harga sesuai di tempat Anda. Yang kedua Anda harus input data volume pekerjaan, misalnya volume galian pondasi, luas lantai, luas dinding, dst. Silahkan simak video cara bekerja membuat RAB rumah menggunakan Software RAB di bawah ini:



Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Untuk mendapatkan Software RAB dengan harga terjangkau bisa Anda kunjungi website saya: www.softwarerab.com.



Entri Populer