Software Alat Hitung RAB Rumah

Tips Merencanakan Jumlah Kamar Mandi

Ketika akan membangun rumah, merencanakan jumlah kamar mandi/toilet merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Kamar mandi/toilet dalam sebuah rumah sangat diperlukan dan biasa digunakan dalam waktu yang bersamaan, terutama di waktu pagi dimana semua anggota keluarga akan pergi dari rumah untuk melakukan aktivitas dalam waktu yang bersamaan.


kamar mandi - toilet


Pada saat pagi hari, semua anggota keluarga pasti menggunakan kamar mandi/toilet. Apabila jumlah anggota keluarga tidak sebanding dengan jumlah kamar mandi/toilet yang ada, maka akibatnya akan antri. Kalau hanya antri mandi, masih dapat diatur, tapi kalau untuk selain mandi, buang air kecil atau buang air besar maka sangat berabe apabila harus antri.

Ukuran kamar mandi/toilet tidak harus terlalu besar, yang paling penting adalah jumlahnya proporsional dengan jumlah anggota keluarga. Jumlah yang sangat ideal adalah 1 kamar tidur dengan 1 kamar mandi/toilet, atau 1 kamar mandi : 2 orang. Apabila dalam sebuah rumah dihuni oleh 8 orang anggota keluarga, maka jumlah kamar mandi yang ideal adalah 4 kamar mandi.

Untuk menjaga keadaan darurat, sangat perlu ada sebuah kamar khusus wc walaupun ukuran kamarnya kecil, misalnya 1 meter x 1, 75 meter sudah cukup.

Ukuran kamar mandi sebaiknya disesuaikan dengan ukuran rumah, tidak perlu terlalu besar. Beberapa contoh ukuran kamar mandi :
1. Kamar mandi untuk rumah sederhana type kecil : 1,25 x 1,75 meter, 1,5 x 2,0 meter
2. Kamar mandi untuk rumah elit : 2,0 x 2,0 meter, 2 x 2,5 meter, 2,0 x 3 meter

Bak Mandi
Bak mandi kadang diperlukan, atau tidak tergantung selera. Jika cukup dengan shower maka di dalam kamar mendi tidak diperlukan bak mandi. Jika akan memasang bak mandi bisa menggunakan bahanpasangan bata atau beton dilapis keramik, atau dengan menggunakan bak fiber yang sudah jadi lebih praktis.

Kloset
Kloset bisa dipasang jenis kloset duduk atau kloset jongkok, ini juga tergantung selera sebab ada yang suka kloset jongkok dan tidak mau kloset duduk atau sebaliknya. Jenis dan kualitas kloset sangat banyak pilihan dari mulai harga puluhan ribu rupiah sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Jadi, merencanakan jumlah kamar mandi/toilet dalam sebuah rumah harus memperhitungkan jumlah anggota keluarga penghuni rumah.



Entri Populer