Software Alat Hitung RAB Rumah

Langkah-langkah Membuat Anggaran Biaya Bangunan (RAB) Rumah Tinggal

Langkah-langkah Membuat RAB Rumah
Untuk menyusun atau membuat Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB) rumah ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan dan dikerjakan. RAB bangunan rumah perlu dibuat dengan tujuan, sbb:

  1. Untuk mengetahui anggaran biaya yang diperlukan untuk membangun bangunan tersebut;
  2. Untuk mengetahui kuantitas dan kualitas konstruksi dan bahan-bahan material yang akan digunakan sesuai gambar teknis dan nilai anggaran yang ditetapkan;
  3. Nilai RAB (total biaya) dijadikan sebagai dasar/patokan penilaian harga penawaran yang diajukan oleh kontraktor pelaksana, apabila pelaksanannya akan diborongkan kepada kontraktor; 
  4. Sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB); dan masih banyak lagi kegunaannya. 
Untuk membuat sebuah RAB rumah baik rumah sederhana maupun rumah elit, beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dikerjakan, sebagai berikut:
  1. Mempersiapkan gambar rencana atau gambar teknis. Diperlukan untuk dasar dan acuan menghitung volume pekerjaan. Gambar teknis terdiri dari : gambardenah, tampak, potongan, detail, dan gambar 3D. (Apabila pembuatan RAB rumah diserahkan kepada konsultan perencana, satu paket (paket perencanaan konstruksi) yang biayanya antara 3 s/d 5% x total biaya bangunan. Jadi Anda tidak perlu lagi melangkah ke point 2).
  2. Menyusun satuan pekerjaan yang akan dilaksanakan pada bangunan rumah tersebut, mulai dari pekerjaan persiapan, galian pondasi, pasangan pondasi, pekerjaan beton, pekerjaan dinding, dan seterusnya sampai pekerjaan finishing. Menyusun satuan pekerjaan dengan menggunakan file excel yang didalamnya sudah ada Analisa harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI) dengan cara membuat sheet baru dengan diberi nama RAB yang terlebih dahulu dibuat format RAB yang terdiri dari kolom-kolom yang sudah baku, seperti contohnya format RAB ini.
  3. Menghitung volume pekerjaan berdasarkan nama-nama satuan pekerjaan yang telah disusun pada sheet RAB. Apabila penghitungan volume sudah selesai dikerjakan tinggal menginput ke kolom volume.
  4. Mengisi kolom harga satuan pekerjaan. Caranya dengan membuat link ke sheet harga satuan pekerjaan (AHS-SNI) yang sudah disiapkan sebelumnya. AHS-SNI yang digunakan harus versi terbaru tahun berjalan, sebab dengan versi terbaru harga satuan bahan dan upah telah update. Tapi kalau rumus analisa (koefisien) belum ada perubahan dalam beberapa tahun terakhir.
  5. Mengisi kolom jumlah harga. Caranya dengan memasukan rumus atau formula dengan perkalian isi kolom volume x isi kolom harga satuan.
  6. Mengisi kolom sub total. Dengan menjumlahkan setiap komponen pada satuan pekerjaan. Gunanya untuk mengetahui jumlah biaya per pekerjaan.
  7. Mengisi total biaya. Caranya menjumlahkan angka pada sub total, sehingga diketahui total biaya membangun.
Itulah langkah dan tahapan cara menyusun Rencana nggaran Biaya Bangunan (RAB) rumah. Jadi untuk menyusun RAB rumah perlu gambar teknis dan Analisa AHS-SNI. Seperti apa AHS-SNI, silahkan  download.

Cara di atas adalah cara membuat RAB rumah secara manual, ada cara lain yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan Software RAB, dengan menggunakan Software RAB anda tidak perlu menyusun satuan pekerjaan, membuat link dan memilih analisa yang sesuai, dan sebagainya.. Anda cukup menghitung volume dan menginputnya ke Software RAB, kemudian mengedit harga bahan sesuai dengan harga bahan di kota Anda, maka RAB sudah langsung jadi. Satu lagi kelebihan software RAB adalah outputnya bukan hanya RAB, tetapi ada output secara terpisah dari RAB yaitu Rincian Bahan Bangunan yang diperlukan lenhkap dengan jumlah dan harganya. Dengan mengerjakan RAB rumah secara manual tidak akan mendapat rincian kebutuhan bahan bangunan tersebut. Untuk membeli software RAB silahkan kunjungi website Software RAB Rumah Sederhana



Entri Populer